Mengumpulkan Kepantasan

Alhamdulillah, bahagia rasanya, ketika mendengar seorang sahabat mendapatkan kesempatan belajar ke luar negeri, atau mendapatkan amanah tugas negara ke luar negeri. Dalam hati kecil terbesit sebuah doa, semoga suatu saat aku dapat kepantasan untuk meraih kesempatan yang sama.

Tentu tidak dapat dipungkiri, siapapun memiliki kesempatan yang sama. Namun yang berbeda adalah jalan menuju ke sana, jalan untuk bisa menengok negara di mana kita tidak pernah menapakkan kaki di sana.

Mengumpulkan kepantasan
Paling tidak ada 4 jalan yang bisa kita jadikan untuk mengumpulkan kepantasan untuk meraih kesempatan ke luar negeri,

pertama, mengumpulkan kepantasan melalui jalur beasiswa luar negeri. kita bisa melihat kesempatan belajar ke luar negeri sesuai dengan jenjang pendidikan yang dimiliki dan akan dipilih. Kemudian menyesuaikan kemampuan kita dengan requirement beasiswa yang disebutkan di media informasi yang ada, semisal score TOEFL atau IELTS. serta tidak lupa pula, mengikuti seleksi beasiswa yang diadakan oleh berbagai perwakilan dari pihak penyedia dana kesempatan untuk belajar ke luar negeri. Dengan demikian, kita sudah memiliki modal kepantasan untuk menengok negeri di luar sana melalui jalur beasiswa.

kedua, mengumpulkan kepantasan melalui jalur pekerjaan di luar negeri. kita bisa mencari informasi dari agen Tenaga Kerja Luar negeri, kemudian memenuhi syarat-syarat untuk bisa bekerja di luar negeri, seperti mengikuti pelatihan dasar tenaga kerja di dinas-dinas terkait, dan mendaftar di agen tenaga kerja yang sudah mengantongi ijin resmi dari pemerintah Indonesia.

ketiga, mengumpulkan kepantasan melalui jalur profesi di dalam negeri. Ada beberapa profesi yang membuka peluang bagi kita untuk bisa menikmati perjalanan ke luar negeri, salah satunya adalah profesi dosen, marketer produk dari perusahaan multinasional, aktivis lembaga swadaya masyarakat, keahlian khusus di dinas pemerintahan dan juga tenaga ahli di perusahaan swasta asing, atau perusahaan global.

keempat, mengumpulkan kepantasan melalui jalur hobi atau minat kita. Kita bisa mengembangkan hobi atau minat kita sebagai jalan yang mengantar kita untuk bisa menikmati perjalanan ke luar negeri. Dengan keseriusan untuk mengkonversi hobi menjadi penghasilan dan manfaat, tentu semakin memuluskan jalan dalam memenuhi syarat dan kebutuhan finansial dalam melakukan perjalanan ke luar negeri, semisal dimulai dari hobi blogging, kita bisa mulai bertukar informasi tentang program afiliasi dan juga berbagai turnamen blogging internasional.

Untuk saya, kebetulan mendapatkan kepantasan dengan menempuh jalur yang ketiga, yakni melalui jalur profesi. Tentu perjalanan ini diiringi dengan beban dan tanggungjawab tersendiri. Tapi beneran, sebagai perjalanan perdana, rasa bingung, gundah itu ada, .... "intinya kalo kesasar cari aja polisi", lho kug? ....Doain ya teman-teman, smoga lancar dan berkah.

Adakah jalur yang lain untuk mengumpulkan kepantasan kita?, mari berbagi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
2 Juli 2013 07.39 delete

melalui kuis atau hadiah yang diselenggarakan hahaha

Reply
avatar