33 Tips menjaga kesehatan selama Ibadah haji

Kesehatan merupakan hal yang cukup penting dalam mencapai kesempurnaan dan kehusyukan selama proses ibadah haji dan umroh di tanah suci.

Berikut kami bagikan 33 tips menjaga kesehatan selama berada di tanah suci haramain.

POLA MAKAN

Pola makan yang dianjurkan selama di tanah suci adalah sebagai berikut:

1. Makan secara teratur 3 kali sehari dan jangan terlambat. Syukuri rizqi yang ada dan bila perlu persiapkan bekal yang bisa menjaga nafsu makan dari tanah air. Sebisa mungkin hindari malas/telat makan karena menu yang kurang pas dan lain sebagainya. Cari alternatif buah atau makanan yang cocok dengan kebutuhan tubuh dalam mengimbangi aktifitas fisik selama rangkaian ibadah haji di tanah suci makkah. Banyak sekali mukimin yang menyediakan menu ala indonesia seperti pecel, nasi kuning, ramesan yang bisa dibeli di sekitar hotel pada pagi hari selepas subuh.

2. Makan lebih banyak dari porsi biasanya; seperti kurma, nasi, roti, kentang, mie dan lain sebagainya.

3. Perbanyak minum air putih dan makan sayur serta buah atau ditambah suplemen vitamin dan mineral.

4. Pilihlah makanan yang bersih dan terlindung dari pencemaran.

5. Pilihlah makanan dalam kemasan yang masih baik atau utuh dan perhatikan masa kadaluarsanya.

6. Senantiasa mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan

KETIKA CUACA DINGIN

Ibadah haji bisa terjadi saat musim dingin ataupun musim panas, agar terhindar dari kondisi tubuh yang menurun karena iklim, sebaiknya:

7. Membawa vitamin atau obat-obatan apabila mengidap penyakit tertentu, sebelumnya konsultasikan dahulu kepada dokter sebelum berangkat ibadah haji karena tidak mudah menemukan obat yang kita perlukan nanti di tanah suci.

8. Khusus musim dingin badan akan terasa kering dan bibir pecah-pecah, maka disarankan untuk membawa pelembab bibir dan kulit.

9. Selalu gunakan pakaian yang tebal seperti jaket dan mantel agar dapat meredam suhu panas tubuh. Seperti ketika perjalanan ke masjid pada waktu malam/subuh, perjalanan dengan bus dari Makkah ke madinah atau ketika berada di dalam ruangan ber AC baik di hotel maupun di lingkungan haramain.

KETIKA CUACA PANAS

10. Untuk mencegah dehidrasi minumlah air putih 300 milliliter setiap satu jam,  walaupun tidak merasa haus atau minumlah minimal 8 gelas setiap hari, agar terhindar dari dehidrasi di musim panas dan biasakan membawa air minum ketika bepergian. Selama di haramain manfaatkan sebaik mungkin fasilitas air zam-zam yang ada. Galon air zam-zam dapat dengan mudah ditemukan di akses masuk masjid. Pilih galon dengan tulisan 'NOT COLD' bila anda mengalami batuk-batuk ketika minum air dingin.

11. Pilihlah bahan pakaian yang nyaman dan gunakanlah payung atau gunakan sajadah yang kita bawa untuk melindungi dari sengatan matahari.

12. Gunakan pelembab kulit. Perubahan suhu yang cepat dari panas ke dingin (ruang ber AC dan ruang terbuka yang terkadang cukup panas) ditambah kondisi tubuh yang harus menyesuaikan dengan aktifitas fisik selama rangkaian ibadah haji bisa menyebabkan kulit pecah-pecah, memar atau luka. Untuk mengurangi resiko tersebut ikhtiarlah dengan menggunakan pelembab kulit pada bagian tubuh yang terbuka atau banyak bersentuhan/bergesekan dg kain atau benda lain, seperti bagian tumit, wajah dan telapak kaki.

13. Pilihlah waktu yang tepat untuk aktifitas fisik ibadah jika kondisi tubuh kurang fit. Misal thowaf di waktu subuh atau malam hari yang notabene cuaca relatif bersahabat.

14. Gunakan kacamata berwarna gelap. Hal ini bermanfaat untuk mencegah kondisi drop, pusing, pingsan, kurang konsentrasi akibat panas, cahaya berlebih dan terik matahari yang mengenai mata.

15. Manfaatkan masker kain yang bisa dibasahi untuk menjaga kelembaban udara, penularan virus dan debu. Serta siapkan masker pengganti untuk menjaga kebersihan masker yang digunakan selama rangkaian ibadah haji.

16. Istirahat yang cukup. Prioritaskan energi dan kebugaran tubuh untuk aktifitas utama pada rangkaian ibadah haji (Armina). Sesuaikan aktifitas sunnah (umroh sunnah) agar ketika Armina, fisik dan psikis kita dalam kondisi optimal. Kurangi aktifitas tambahan di luar ruangan seperti belanja oleh-oleh, keliling kompleks penginapan/hotel, begadang, sebelum hari armina.

Jika mengalami kelelahan semasa thowaf, anda bisa sewa fasilitas kendaraan listrik dengan merogoh kocek sekitar 50 real arab saudi (tahun 2016) yang berada di lantai 3 atau 4  (bisa berubah sewaktu-waktu, biasanya terletak satu lantai di jalur khusus kursi roda, terpisah dengan jalur pedestrian thowaf untuk jamaah haji).


KEBERSIHAN LINGKUNGAN

17. Menjaga kebersihan dan kerapihan kamar. Hal ini juga perlu diinformasikan/disosialisasikan serta disepakati mengingat kapasitas kamar yang disediakan untuk beberapa jamaah (3-5 jamaah per kamar, atau sesuai kebijakan panitia penyelengara) agar kenyamanan ketika beribadah dan rehat dapat diwujudkan bersama-sama.

18. Atur barang-barang secara rapih. Letakkan barang yang sering digunakan dibagian koper/tas yang mudah dijangkau.

19.. Menjemur pakaian di tempat yang telah disediakan. Hindari menjemur pakaian di jendela kamar, hal ini untuk mencegah debu masuk dari luar, serta menjaga kelembaban udara di dalam kamar.

20. Tidak merokok sembarangan karena bahaya kebakaran dapat terjadi dari puntung rokok, serta mengganggu jamaah lain. Cari informasi dari petugas atau pihak hotel mengenai area bebas merokok. Perlu juga diketahui bahwa area masjidil harom ditetapkan sebagai area bebas asap rokok.

21. Tidak meludah sembarangan agar tidak menyebarkan virus atau kuman.

22. Tidak membuang sampah di sembarang tempat.Saat tidak menemukan tempat sampah, taruh dahulu sampah di kantung plastik. Seperti plastik kerikil lempar jamarat, plastik air mineral, plastik bekas makanan, permen dan lain sebagainya.

Pada saat di kamar penginapan/hotel, letakkan tempat sampah yang sudah penuh di depan pintu/buang sampah di tempat penampungan yang lebih besar. Hal ini akan memudahkan petugas kebersihan membersihkannya.

23. Jaga sirkulasi udara yang segar di dalam ruangan. Sebisa mungkin hindari membuka jendela pada cuaca panas dan berdebu,manfaatkan ac/blower dengan suhu yang disesuaikan. Manfaatkan lobi, ruang publik hotel/penginapan yang memiliki sirlulasi udara yang cukup.

KEBERSIHAN TOILET

Toilet adalah tempat berkumpulnya kuman penyakit, sehingga kita harus waspada dengan  menjaga kebersihan toilet saat menggunakannya.

24. Sediakan kantung plastik untuk membuang tisu atau pembalut untuk mengantisipasi tidak adanya tempat sampah.

25. Biasakan membuang air kecil atau besar pada lubang toilet, bukan di lantai.

26. Pilihlah toilet yang memiliki saluran air yang lancar. Buka kran air secara perlahan, antisipasi tekanan tinggi dari pipa air yang bisa membasahi pakaian kita dan agar lebih terjaga dari najis.

27. Jangan lupa menyiram toilet sebelum dan sesudah digunakan.

28. Jika memakai kloset duduk, bersihkan dan keringkan bagian dudukan untuk menghindari penularan penyakit.

29. Cucilah tangan dengan cara yang benar sebelum dan sesudah melakukan aktivitas di toilet.

30. Gunakan fasilitas sirkulasi udara yang ada di dalam toilet penginapan/hotel untuk menjaga kesegarannya.

31. Gunakan air sebijak mungkin. Di kamar penginapan/hotel biasanya terdapat pilihan air panas/dingin untuk mandi. Sesuaikan dengan kondisi kulit kita, jika terasa gatal, memerah atau memar maka kurangi penggunaan air hangat/panas pada saat mandi.

Jika ada, Tutup kelambu shower/blok tempat mandi, untuk menjaga kamar mandi tetap kering dan nyaman.

32. Untuk menghindari antrian panjang, kenali lokasi toilet di sekitar kamar/hotel/masjid. Biasanya, semakin jauh letak toilet dari pusat keramaian, antrian semakin sedikit.

33. Untuk menjaga kelembaban kulit, Hindari menggunakan sabun yang tidak sesuai untuk kulit pada cuaca ekstrem, misal terlalu banyak busa atau soda.

Demikian 33 tips menjaga kesehatan selama di tanah suci.

Semoga bermanfaat untuk bapak/ibu semua dan bisa membantu mempersiapkan diri untuk menyempurnakan ibadah haji kita dengan lebih nyaman dan sehat.

Semoga menjadi haji yang mabrur. Amin .

Dikutip dan diedit dari pengalaman penulis dengan referensi dari berbagai sumber.

Silahkan disebarkan via fb, wa atau media lain dengan mencantumkan website ini. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »